post-image

IKM sudah ada sebelum Kemerdekaan RI

IKM (Ikatan Keluarga Minang) merupakan wadah pemersatu perantau Minang. Organisasi IKM sudah ada jauh sebelum dikukuhkannya pada tanggal 6 Agustus 2016. Bahkan sebelum Indonesia merdeka pun, sudah ada perkumpulan-perkumpulan orang Minang di rantau.

Bapak Fadli Zon mengungkapkan Dalam perantauan, saya selalu bersosialisasi dengan masyarakat asal saya yaitu Minangkabau. Hampir disetiap perantauan saya menemui organisasi Minang. Dari suatu Provinsi ke Provinsi lainnya dari suatu kota ke kota lain nya hampir semuanya saya temui orang Minang. 

Pada tanggal 6 Agustus 2016, sama-sama dari beberapa IKM dan perwakilan perantau Kabupaten Kota se-Sumatera Barat bersama sama kita sepakati secara Nasional bergabung IKM secara Nasional dijadikan berdiri dan lahirnya IKM demi kebersamaan kita.

Kita kukuhkan tanggal 6 Agustus 2016 dijadikan hari berserah untuk kebangkitan dan persatuan perantau Minangkabau. Kita tetapkan tanggal tersebut adalah tanggal berdirinya Ikatan Keluarga Minangkabau se-Indonesia.

"Organisasi IKM bukan hanya terkenal dengan perkumpulan orang Minang saja. Tetapi, organisasi ini juga terkenal akan kebersamaan dalam gotong royongnya yang menjadi penilaian luar biasa." tutur Bapak Fadli Zon selaku Ketua Umum DPP IKM