post-image

Sekjend DPP IKM Nefri Hendri Membuka Secara Langsung Acara Muswil DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Puri Senyiur, Kota Samarinda pada hari Sabtu, 5 Oktober 2024

Sekretaris Jenderal DPP IKM Ir. Nefri Hendri. MT datang langsung dari Jakarta ke Kalimantan Timur untuk menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-II DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur sekaligus membuka secara resmi acara tersebut di Hotel Puri Senyiur, Kota Samarinda pada hari Sabtu (5/10/2024).

Dalam sambutannya, Nefri Hendri menjelaskan organisasi IKM ini sudah ada dari Aceh sampai Papua bahkan sampai ke luar negeri. Organisasi terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia yang paling tua.

IKM merupakan organisasi sosial yang berbasiskan kemasyarakatan dan kekeluargaan yang mempunyai susunan kepengurusan DPP ditingkat Pusat, DPW ditingkat Provinsi, DPD ditingkat Kabupaten/Kota, DPC ditingkat Kecamatan, dan ranting ditingkat Kelurahan/Desa.

Beliau juga menjelaskan bahwa Muswil merupakan musyawarah tertinggi di tingkat Provinsi untuk memilih Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang akan menjabat selama 5 tahun kedepan. Muswil dilaksanakan hanya setiap 5 tahun sekali, maka dari itu acara ini agar dapat digunakan sebaik-baiknya dalam bermuyswarah dan bermufakat mencari tokoh-tokoh Minang yang dapat mengayomi masyarakat perantau Minang dan dapat menjaga marwah perantau Minang serta sesuai harapan mayarakat yang dipimpinnya.

Acara diawali dengan pembukaan lalu pengesahan tata tertib sidang, laporan pertanggungjawaban pengurus yang lama, pandangan dari pengurus DPD IKM se-Kalimantan Timur, penyampaian visi misi dari calon Ketua untuk 5 tahun ke depan dan acara inti yaitu pemilihan Ketua DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan melalui sistem voting.

Tokoh-tokoh masyarakat Minang yang ada di Kalimantan Timur dan juga Ketua-Ketua DPD IKM se-Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan pemilik suara untuk pemilihan Ketua DPW IKM turut hadir dalam acara Muswil ini.

Nefri Hendri mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang sudah mempersiapkan acara ini sehingga acara berjalan dengan sukses dan luar biasa. Selamat dan sukses juga beliau ucapkan kepada Ketua DPW IKM terpilih yaitu Bapak H. Sudirman.

“Semoga Ketua terpilih cepat menyusun kepengurusan DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur akan cepat dilantik kepengurusannya nanti dalam waktu dekat. Setelah dilantik supaya cepat menjalankan roda organisasi sebaik-baiknya dan bisa membuat program kerja yang langsung menyentuh masyarakat perantau Minang,” ungkapnya.

Beliau juga berharap semoga keberadaan IKM semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Minang yang ada di rantau maupun masyarakat setempat yang ada di daerah IKM itu sendiri. Sesuai dengan pepatah mengatakan “Dima Bumi Dipijak, Disinan Langik Dijunjuang” artinya kita selalu menyatu dengan masyarakat setempat.

Semoga IKM di Provinsi Kalimantan Timur semakin kompak dan semakin berjaya.